Sabtu, 14 November 2015

Strategi #6: Jangan percaya kata orang, lakukan ini

Sebagai orang yang kerjaannya ngajarin lewat internet, saya sering berdebat dengan orang lain.

Misalnya saya berpendapat: konten panjang lebih bagus.

Tentu tidak 100% benar.

Ada juga yang lebih bagus kalau pendek. Tergantung jenis kontennya.

Jadi jangan heran kalau lain kali anda main ke tempat berdiskusi, akan bertemu banyak orang yang pendapatnya bertentangan.

Ini sering membuat mereka yang pemula bingung.

Ingat:

Jangan langsung percaya dengan omongan semua orang, termasuk saya.

Ketika mendapatkan teknik-teknik baru, praktekkan yang menurut anda masuk akal. Kemudian lakukan analisa sendiri terhadap hasilnya.

Tanpa data berarti kita buta…

…tidak tahu apa yang terjadi.

…tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Akhirnya jadi stagnan, tidak ada kemajuan.
 
***

Inilah yang perlu anda lakukan untuk mengumpulkan data dan memprosesnya jadi tindakan.

Langkah #1: Pasang Google Analytics di website

Dari minggu pertama, mestinya anda sudah memasang Google Analytics. Kalau belum, segera pasang sekarang.

Baca panduan resminya dari Google di sini. Atau search di Google untuk mencari panduan yang lebih mudah dipahami.

Langkah #2: Baca panduan analisa konten

Sebelum lanjut ke langkah ke-3, baca dulu panduan analisa konten ini. Minimal buka link nya di browser anda, karena akan kita gunakan.

Langkah #3: Buat 5 ide konten baru berdasarkan 5 konten terpopuler

Dengan mengabaikan homepage, catat konten mana yang mendapatkan paling banyak traffic.

Inilah konten utama website anda.

Melihat 5 besar ini, anda mestinya akan punya gambaran seperti apa konten yang disukai oleh pembaca.

Selanjutnya buat 5 ide konten baru yang mirip-mirip dengan 5 besar tadi.

Dengan demikian proses pembuatan konten kedepannya akan jadi lebih efektif karena kita sudah tahu seperti apa yang populer.

Langkah #4: Pilih tempat promosi terbaik

Promosi itu melelahkan…

…maka dari itu mari kita abaikan tempat promosi yang kurang baik. Fokus ke yang memberikan banyak visitor dan konversinya bagus.

Ikuti poin nomor 5 dari panduan analisa konten tadi.

Langkah #5: Tulis tempat promosi terbaik di halaman ini

Buka halaman ini dan tulis di komentar, isinya tempat promosi yang mendatangkan traffic terbaik bagi anda.

Siapa tahu anda bisa menginspirasi dan mendapatkan inspirasi dari anggota lain!
 
***

Kemampuan analisa data ini akan berguna seumur hidup.

Banyak orang yang dengan sengaja mengabaikan angka-angka dari Analytics karena mereka tidak mengerti. 

Akibatnya, websitenya tidak berkembang.

Ingat, lain kali ketika anda mendapatkan ilmu baru - praktekkan kemudian analisa data yang dihasilkan.

Sampai jumpa dalam email berikutnya!

- Darmawan


Copyright © 2015 Panduan IM, All rights reserved.
Anda menerima email ini karena anda terdaftar di PanduanIM.com 

unsubscribe from this list    update subscription preferences 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar